Tuesday, October 2, 2012

Cegah Diabetes dengan Olahraga Aerobik dan Latihan Beban

Cegah Diabetes dengan Olahraga Aerobik dan Latihan Beban (Foto: webmd.com)
Diabetes tipe-2 atau yang lebih dekenal dengan nama penyakit diabetis melitus sudah menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat Indonesia, karena memiliki komplikasi yang cukup banyak, mulai dari kerusakan syaraf yang mengakibatkan stroke hingga mengakibatkan kerusakan organ dalam tubuh kita, misalnya gagal ginjal.


Pola makan yang buruk dan kegemukan adalah faktor yang menyebabkan seseorang terkena sakit diabetes melitus. Meski sakit diabetes melitus biasanya menyerang orang-orang yang telah dewasa dan usia lanjut, sebaiknya kita cegah sedini mungkin. Sejak anak-anak harus mulai dibiasakan dengan pola makan yang sehat dan melakukan aktifitas fisik demi kesehatan kita.

Dr. Frank Hu, seorang profesor nutrisi dan epidemiologi harvard School of Public Health menyatakan bahwa olahraga aerobik seperti jogging, jalan dan bersepeda ditambah dengan latihan beban yang disesuaikan usia  maka akan menurunkan resiko terkena diabetes sampai 59%. Sedang olahraga aerobik saja hanya menurunkan resiko terkena diabetes sebesar 34%.

Jadi melakukan aerobik saja memeang cukup baik untuk mencegah resiko diabetes. Namun secara teratur melakukan olahraga aerobik ditambah latihan beban jauh lebih baik hasilnya untuk mencegah diabetes.




No comments:

Post a Comment