Tuesday, October 2, 2012

Micro SD Tidak Dikenal di Laptop dan HP ini Solusinya

Solusi Micro SD Tidak Dikenal di Laptop dan HP Dengan Check Disk
Kemarin ada teman saya yang pinjam kartu memori micro SD untuk melaku copy data yang cukup besar. Data yang di copy lebih dari 4GB, jadi bila di transfer melalui Bluetooth butuh waktu lama. Akhirnya micro SD saya copot dari handphone langsung saya kasih kartu memori saja agar proses meng-copy jadi lebih cepat.
Sayang setelah micro SD saya kembalikan ke HP tidak terbaca lagi. Saya tidak yakin bahwa kartu memori micro SD-nya sudah mati, karena barang tersebut masih relatif baru saya beli. Kemudian micro SD saya coba di laptop, ternyata juga tidak di kenali. Apakah ada driver kartu memori-SD di laptop saya bermasalah? Kemudain saya coba kartu memori micro-SD yang lainnya di laptop tersebut. ternyata bisa terbaca dengn baik.

Kesimpulannya memang micro SD saya jadi bermasalah setelah dimasukkan ke HP teman saat copy data tadi. Jadi apa solusi untuk mengatasi kartu micro-SD yang tidak terbaca di laptop maupun handphone?

Setelah berbagai jurus dicoba dan tidak berhasil, akhirnya pakai jurus kuno waktu saya masih belajar komputer DOS. Jalankan DOS prompt, klik Start > Run kemudian tulis "cmd" tanpa tanda petik. Kemudian pilih tombol OK. Lalu coba kenali direktori-direktori di laptop C: lalu enter, D: lalu enter. Bila lancar cobalah micro SD yang bermasalah dimasukkan lagi ke laptop, kemudian lakukan cek disk.

Cobalah kenali direktori dimana micro SD tersebut misalnya direktori F, maka tulis F: enter beberapa kali. Hasilnya mungkin masih tetap gagal. Lalu lanjutkan dengan cek disk F, tulis chkdsk /F lalu enter beberapa kali. dan hasilnya.... viola... tanpa panah hijau muncul di taskbar atau traybar di kanan bawah layar laptop. Artinya device micro SD dikenal lagi di laptop.

Langsung deh itu micro SD saya full format, karena saat dipinjam teman kemungkinan itu micro SD telah disusupi oleh script jahat. Berikutnya saya coba lagi di HP dan berhasil dikenal dengan sukses.

1 comment:

  1. Ak lg ada masalah sd card yg gk bs terbaca di hp atau laptop.udh ikutin cara yg di atas dan nemuin sd nya di G: cm gk mau.terus ketik chkdsk /G berulang kali jg gk mau.jd hatus gmn lg dong.mohon bantuannya

    ReplyDelete