Wednesday, October 17, 2012

Sepeda Unik dari Karton Cukup Kuat Dengan Harga Murah

Ishar Gafni Bersama Sepeda Karton Hasil Karyanya (Foto: nationalpost.com)
Sepeda kayuh yang satu ini memang cukup unik, bukan di buat dari logam atau kayu, tapi menggunakan karton sebagai bahan dasarnya. Sehingga cukup ringan di kayuh dan sangat ramah lingkungan. Sepeda karton ini adalah karya Ishar Gafni, pria Israel yang suka mengaplikasikan teknologi yang kadang-kadang dianggap tak lazim. Ide pembuatan sepeda ini pada awalnya hanya menjadi bahan tertawaan saja, namun kini banyak orang mengagumi dan ingin memilikinya.


Ishar sendiri adalah seorang penggemar sepeda, jadi dia tahu betul seluk-beluk sepeda. Setelah bertahun-tahun melakukan uji coba, dia mengatakan bahwa prototype sepeda karton terbarunya siap diproduksi secara massal dan akan di jual dengan harga murah.

"Kotak atau dus dari bahan kertas karton terkenal kuat dan tahan lama. Namun membuat sepeda dari bahan karton dengan kualitas yang kuat dan tahan lama cukup sulit" paparnya kepada Reuters.

Sepeda karton hasil karya Ishar Gafni ini sangat kuat dan ringan dan bisa digunakan hingga 10 tahun. Bobotnya hanya 9kg. Biaya perawatannya juga sangat murah, karena sepeda karton ini tidak ada yang perlu diperbaiki. Menggunakan ban karet padat, jadi tidak perlu kuatir bocor atau gembos.

Berapa harga yang harus dibayar untuk sebuah sepeda? Setelah di produksi massal nanti harga per unitnya kira-kira 20 dollar Amerika, atau kurang dari Rp. 200.000,- anda berminat, atau pingin coba membuat sendiri?

No comments:

Post a Comment