Thursday, October 4, 2012

Membuat Lampu Taman Sensor Cahaya Matahari Otomatis dan Hemat Energi

Lampu Taman Sensor Cahaya Matahari Otomatis dan Hemat Energi (Foto: haeszone.com)
Memiliki taman yang indah nan asri dihalaman, akan membuat kita semakin betah tinggal dirumah. Taman yang cantik biasanya berupa kebun bunga yang dilengkapi dengan kolam ikan, air mancur dan lampu taman. Seringkali kita lupa mematikan lampu taman sehingga rekening listrik membengkak. Alangkah senangnya bila lampu taman bisa menyala otomatis. Taman tatap indah dan asri dan rekening listrik juga bisa di hemat.


Untuk membuat lampu taman sensor cahaya matahari otomatis pada jaman dulu cukup sulit dan repot, karena kita harus membeli komponen elektronik dan merakit rangkaian sensornya, menyediakan adaptor atau power supply tersediri untuk kit sensor cahaya, dan kemudian menyambung kabelnya satu persatu. Pokonya sangat repot. Bisa-bisa malah terjadi konsleting listrik dan terjadi kebakaran.

Namun di jaman sekarang ini, untuk membuat lampu taman otomatis sangatlah mudah. Beli saja fitting lampu yang sudah dilengkapi dengan sensor cahaya matahari otomatis, seperti yang terlihat pada gambar. Fitting otomatis ini sudah banyak tersedia di toko-toko listrik di sekitar rumah kita.

Fiiting otomatis Lampu Taman Sensor Cahaya Matahari (Foto: tokobagus.com)
Nah... cara ini cukup mudah, murah dan hemat energi. Sekarang tidak kuatir lagi rekening listrik membengkak gara-gara lupa mematikan lampu. Tinggal beli fitting otomatis dan pasang. taman dirumah kita makin asri di malam hari.

No comments:

Post a Comment