Wednesday, October 3, 2012

Tips Sederhana Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Tips Sederhana Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas (Foto: kimtechnology.eu)
Akhir-akhir ini laptop saya mudah sekali menjadi panas alias overheadting dan mengakibatkan restart sendiri. Bila dibiarkan maka lama-lama laptop saya pasti akan rusak karena overhead. Kejadian ini hanya terjadi baru-baru ini saja, terutama bila digunakan untuk main game atau melihat video. Satu tahun pemakaian laptop di awal-awal pembelian terasa cukup dingin dan normal, dan kini menjelang dua tahun laptop enjadi cepat panas dan kadang restart sendiri.


Laptop ini setiap hari selalu setia menemani saya baik saat bekerja maupun saat santai, jadi mungkin sang laptop sudah capek di forsir setiap hari. Mungkin sudah saatnya dia butuh cooling down. Saatnya saya memberi perhatian khusus kepadanya agar kemampuan kerjanya normal kembali.

Karena laptop ini selalu menemani saya dirumah, kantor maupun di luar ruang, maka sudah pasti banyak debu halus yang masuk ke dalam laptop. Mungkin debu yang masuk sangat halus, berukuran mikron. Maka langkah-langkah sederhana mulai saya lakukan.

Mengelap bodi laptop dengan tisu, sampai ke bagian-bagian sulit tapi masih terjangkau dengan tisu. Selanjutnya saya membersihakan bagian sirkulasi udara atau ventilasi laptop. Saya menggunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner.

Caranya, semua lubang ventilasi sirkulasi udara pada laptop saya sedot dengan menggunakan vacuum cleaner. Demikina juga pada bagian permukaan keyboards. Setelah semua ventilasi dan keyboards disedot debunya, maka langkah selanjunya kita lakukan tindakan yang sebalikknya. Semua lubang ventilasi sirkulasi udara saya tiup dengan menggunakan vacuum cleaner. Demikian juga dengan bagian permukaan keyboards. Lalu sekali lagi semua bagian laptop saya sedot dengan vacuum cleaner.

Saya lihat di kantong vacuum cleaner memang cukup banyak debu halus yang diambil dari laptop. Pantas saja bila laptop saya menjadi cepat panas.

Sekarang laptop saya enggak overhaed lagi. Kerjanya menjadi normal sama seperti saat saya baru beli. Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat bagi anda. Tidak perlu bongkar laptop, tidak perlu install aplikasi apapun, dan tidak perlu beli alat tambahan yang lain.

No comments:

Post a Comment