Sunday, October 7, 2012

Daihatsu Ayla Desain, Riset, Prototipe dan Pe­ng­ujian oleh Astra Motor Indonesia

Daihatsu Ayla Desain, Riset, Prototipe dan Pe­ng­ujian oleh Astra Indonesia (Foto: gminsidenews.com)
Industri otomotif Indonesia maju selangkah lagi. PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) mendapatkan kepercayaan penuh dari Toyota-Daihatsu Jepang untuk melakukan transfer teknologi mobil nasional dengan dimulai dari pengembangan Daihatsu Ayla. "Mulai dari riset, perencanaan desain yang dilanjutkan dengan pembuatan prototipe, pengujian mobil sampai dengan proses produksi semua dipercayakan sepenuhnya kepada ADM" kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM.


Daihatsu Ayla telah melewati tahap pengujian dalam berbagai kondisi jalan di Jawa, dan telah direncanakan untuk menjelajah Sumatera. Kepercayaan yang diberikan kepada PT. ADM adalah bagian dari proses transfer teknologi otomotif di Indonesia. Diharapkan pada tahun 2020 PT. ADM telah sepenuhnya melakukan full model.

Desain eksterior Ayla adalah hasil karya desainer muda Indonesia bernama Mark Widjaja, yang telah merancang Daihatsu A-Concept dan telah hadir di ajang pameran mobil IIMS di Jakarta setahun yang lalu. Tahun ini menjadi kenyataan dalam bentuk Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu Ayla.

Karena sepenuhnya dikerjakan oleh PT. ADM sehingga Ayla sangat disesuaikan dengan keinginan masyarakat Indonesia. Misalnya posisi pengemudi yang lebih tinggi, ini didasarkan pada survei bahwa pengemudi Indonesia menginginkan akses keluar masuk mobil yang lebih mudah.

Ayla juga dibuat lebih ringan dengan mengganti bahan logam besi menjadi aluminum atau bahan resin untuk memaksimalkan penghematan BBM tanpa mengurangi performa mesin mobil.

No comments:

Post a Comment