Friday, October 19, 2012

Tips Keamanan Rumah Saat Ditinggal Pergi

Tips Keamanan Rumah Saat Ditinggal Pergi (Gambar: jasagambarrumah.com)
Apakah anda sering gelisah saat meninggalkan rumah, kuatir rumah belum terkunci, takut dimasuki maling, dsb. Rasa was-was saat rumah ditinggal pergi? Keamanan rumah bukan hanya masalah pagar dan kunci saja. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keamanan rumah atau tempat tinggal anda. Berikut ini beberapa tips yang harus anda perhatikan bila tempat tinggal anda ingin aman.


Tips yang pertama adalah kenalilah lingkungan tetangga anda dan bersahabatlah dengan mereka. Karena bila secara sosial anda dinilai baik terhadap lingkungan maka tetangga andapun secara otomatis akan ikut menjaga keamanan rumah anda, meski mereka bukan satpam atau penjaga, tapi peduli dengan rumah anda, baik saat anda sedang dirumah maupun saat ditinggal pergi.

Tips yang kedua adalah jangan pamer barang di rumah. Anda mungkin penyuka barang mewah atau memiliki banyak kekayaan, namun anda tidak perlu pamer barang atau menonjolkan kekayaan anda di rumah, karena akan mengundang pencuri atau penjahat kerumah anda. Usahakan membuat garasi secara tertutup dan perabot rumah tidak terlihat mencolok dari luar.

Tidak perlu pamer segala jenis antena dan parabola. Jika anda terpaksa harus menempatkan barang-barang di luar rumah maka usahakan cari tempat yang tidak mencolok perhatian.

Selalu rapikan tanaman di sekitar rumah anda, karena pohon yang terlalu rindang bisa saja memberi peluang kepada penjahat untuk memasuki rumah anda. Mungkin saja bisa melalui dahan yang terlalu lama tidak dirapikan. Demikian juga semak-semak yang mungkin bisa dijadikan tempat bersembunyi para pelaku kejahatan.

Lampu juga menjadi indikasi atau tanda-tanda yang bisa mengundang pencuri atau penjahat masuk rumah anda. Karena lampu yang terus menyala atau terus mati mengindikasikan bahwa rumah tersebut kosong alias ditinggal pergi oleh penghuninya. Maka gunakan lampu penerangan otomatis, saya sudah mengulas lampu otomatis ini baik untuk taman maupun keamanan rumah.

Bila mungkin usahakan ada suara radio di dalam rumah. Karena bila ada suara musik dari dalam rumah maka penjahat tidak akan berani masuk, karena dianggap ada orang atau penjaga didalamnya. Lebih baik lagi bila radio bisa anda kontrol dari jauh, menggunakan internet dengan sistim remote IP. Tambahkan juga IP kamera yang bisa dikontrol dari smartphone anda.

Dan yang terakhir dan pasti anda sudah tahu andalah kunci semua pintu, jendela dan pagar bila meninggalkan rumah.


No comments:

Post a Comment