Monday, October 8, 2012

Mark Widjaja Perancang Desain Mobil Indonesia Mengalahkan Desain dari Jepang, Prancis dan Italia

Mark Widjaja bersama mobil Daihatsu A Concept hasil rancangannya (Foto: kompas.com)
Satu lagi perancang desain mobil dari Indonesia selain Chris Lesmana VW Beetle yang prestasinya telah di akui oleh dunia otomotif internasional, dialah Mark Wijaja si perancang Daihatsu A-Concept yang telah mengalahkan desain mobil Daihatsu dari Jepang, Prancis dan Italia. Dia mengusung konsep desain mobil yang simple dan tidak pernah usang ditelan oleh jaman.


Mark Widjaja adalah pengagum desain mobil Volkswagen Beetle versi original seperti dalm film Herbie. Dia juga sangat tertarik dengan desain Roll Royce Ghost yang tampil cantik dengan desain yang simple, mewah dan tetap klasik. Ringkasnya Mark Wijaya sangat terkesan dengan desain-desain mobil dari Eropa yang simple dan tak pernah usang walaupun berbagai masa telah dilewati.

Bakat merancang desain mobil ini menurun dari ayahnya yang menjadi pengusaha karoseri mobil di Surabaya. Dulu ayah Mark Widjaja juga sering menggambar desain mobil untuk dikerjakan di karoserinya. Ia mendapatkan pendidikan Desain Produk di ITS Surabaya.

Saat ini  Mark Widjaja menduduki jabatan penting sebagai Research and Development di PT ADM dan telah membuat beberapa desain untuk Daihatsu Indonesia dan akan terus berkarya membuat desain-desain mobil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Saat ini di Indonesia terjadi euforia tentang mobil nasional. Lihat saja ada Esemka, Arina, Gea, Komodo serta mobil listrik Dahlan Iskan. Sayang mereka belum memiliki desain mobil yang layak jual. Semoga keberhasilan Chris Lesmana dan Mark Widjaja menjadi contoh dan inspirasi bagi produksi dan pengembangan mobil nasional di negara kita.

No comments:

Post a Comment